PERBEDAAN PRIA DAN WANITA

Pria dan wanita diciptakan secara berbeda oleh Tuhan. Hal ini tentu ada maksudnya. Suami – istri yang mengetahui perbedaan itu dan kemudian berhasil mengatasinya maka mereka akan menikmati kebahagiaan sejati! Menurut alkitab jelas sekali perbedaan itu disengaja oleh Tuhan.

Nah, kita akan mempelajari apa saja perbedaaan itu dan kemudian mencari solusinya!

MENGAPA ADA PERBEDAAN ?
Paling tidak ada 4 alasan utama mengapa ada perbedaan :
1. Perbedaan adalah kehendak Allah – Kej.1:27
Perbedaan adalah kehendak Allah Sebab kalau mau Ia bisa menciptakan semua orang menjadi laki-laki seperti Adam. Tapi ternyata Allah menciptakan Hawa sebagai teman Adam. Itu artinya Allah memang menghendaki perbedaan.

2. Perbedaan ada untuk saling menolong – Gal.6:2
Wanita diciptakan untuk menjadi penolong yang sepadan, bukan penodong yang tegaan! Pria dan wanita saling membutuhkan dan perlu saling menolong agar bisa menjadi bahagia!

3. Perbedaan menjadikan kita rendah hati – Fil.2:3
Perbedaan membuat kita mau belajar dan mengerti tentang orang lain. Hal ini ujung-ujungnya akan membuat kita menjadi rendah hati dan tidak mau menang sendiri.

4. Perbedaan itu indah
Coba bayangkan kalau semua bunga di dunia ini adalah bunga mawar. Otomatis bunga mawar menjadi tidak indah lagi (karena kita bosan melihat bunga mawar terus)
Tapi untung ada bunga mawar, ada bunga bakung, ada juga bunga kecubung. Dan karena ada berbagai bunga di dunia ini, maka sekuntum mawar merah bisa terlihat sangat indah bila berada diantara kerumunan bunga kecubung!

PERBEDAAN PRIA DAN WANITA
1. Pria menghendaki seks, wanita ingin keintiman – Kid.5:2
Hasil riset di Amerika tentang apa yang diinginkan pria dari seorang wanita , menempatkan seks di urutan pertama!
Dari hasil survey atas kebutuhan utama pria dan wanita terhadap 5.000 responden di amerika serikat di dapat 5 kebutuhan teratas prioritasnya sbb :
(a) 5 kebutuhan utama wanita
(1). Afeksi – Affection
Afeksi adalah perasaan dicintai/kasing sayang. Jadi wanita ternyata menempatkan perasaan dicintai/dikasihi sebagai prioritas nomer satu dalam hidupnya.

(2). Percakapan – Conversation
Wanita membutuhkan banyak waktu untuk bercakap-cakap dengan pasangannya agar ia merasa “puas.”
Penelitian lain menyebutkan bahwa wanita rata-rata sehari membutuhkan berkata-kata sekitar 20.000 kata, sementara pria hanya 7.00 kata.

(3).Jujur & Terbuka – Honesty & Openness
Wanita terynata menyukai pria atau suami yang jujur dan terbuka dalam segala hal dengan dirinya.

(4). Dukungan Keuangan – Financial Support
Dukungan keuangan yang mapan dari sang suami membuat istri merasa aman dan nyaman.

(5). Komitmen – Family Commitment
Istri membutuhkan komitmen yang serius dari suami dalam berumah tangga, sehingga keluarga menjadi damai dan langgeng.

(b) 5 kebutuhan utama pria adalah
(1). Pemenuhan Kebutuhan Seks – Sexual Fulfillment
Pria adalah mahkluk sexual, kebutuhan seks menjadi prioritas tertinggi dalam kehudupan rumah tangganya.

(2). Teman Rekreasi – Recreational Companionship
Suami/pria sangat membutuhkan istri untuk menjadi teman dalam menikmati rekreasi bersama-sama.

(3). Penampilan Menarik – Attractiveness of Spouse
Pria menginginkan istrinya berpenampilan menarik, bukan kumal dan kusam.

(4). Dukungan dari Dalam – Domestic Support
Yang dimaksud disini adalah dukungan dalam kata-kata dan dorongan dari istri agar pria bisa maju dalam karier dan kehidupannya.

(5). Kagum/bangga – Admiration
Pria sangat senang bila dia dikagumi oleh orang yang dicinainya.

Dan seks bagi pria adalah seks seketika. Artinya begitu kepingin, ia langsung bisa bernafsu.
Sementara wanita berbeda. Bagi wanita yang penting adalah keintiman atau keakraban dulu. Baru puncaknya adalah seks!
Perbedaan ini kalau tidak diantisipasi (dijembatani) bisa menimbulkan konflik yang saling melukai!
Solusi : Pria harus lebih sabar (wanita perlu diajak ngobrol dan dirayu dulu), sementara wanita harus lebih agresif (tidak harus selalu menunggu, bisa juga yang memulai).

F4nI ungu
2. Pria buru-buru, wanita muter-muter – Amsal 19:2
Pria berorientasi pada hasil, sementara wanita beorientasi pada proses. Oleh sebab itu kalau belanja pria maunya cepat dan tanpa banyak tawar menawar.
Sementara wanita lebih asyik muter-muter lihat sana-sini dan nawar itu ini. Padahal ujung-ujungnya gak jadi beli!
Kenapa bisa demikian ? Sebab bagi wanita yang mengasyikkan itu justru proses muter-muter dan nawar-nawarnya itu, bukan hasilnya!
Solusi : Pria harus belajar sabar menikmati proses, sementara wanita harus belajar lebih berorientasi kepada hasil (bukan cuma nawar melulu!)

3. Pria mengejar prestasi, wanita mengagungkan relasi – 1 Yoh.3:11
Pria adalah seorang pemburu prestasi. Bagi pria prestasi akan menaikkan harga dirinya. Oleh sebab itu pria jarang mau mengalah, walaupun untuk sebuah pertandingan catur tingkat RT. Kekalahan melukai harga diri seorang pria!
Sementara itu wanita lebih menyukai membangun relasi. Arisan, ngegosip, masak bareng dan kumpul-kumpul menjadi sangat penting bagi mereka!
Seringkali, pria yang berhasil dalam karier menjadi pria yang gagal dalam rumah tangga. Kenapa demikian ? Karena pria dengan karier yang tinggi sering kali tidak punya waktu untuk berkumpul (berelasi) dengan istri dan anak!
Solusi : Pria harus lebih memperhatikan kebutuhan relasi wanita, sementara wanita harus lebih bisa mengerti kebutuhan pria untuk berprestasi!

4. Pria lebih kuat otak kirinya, wanita lebih kuat otak kanannya
Pria itu dilahirkan dengan pikiran yang logis analitis ( rasional) – ini terkait dengan IQ. Segala sesuatu harus masuk akal. Makanya mereka suka berdebat.
Sementara itu, wanita lebih kuat otak kanannya yang penuh empati dan keperdulian – Ini terkait dengan EQ.
Karena kuat otak kirinya pria menjadi sangat rasional. Sementara itu wanita yang kuat otak kanannya menjadi sangat emosional.
Pria merasa tabu untuk menangis (rasional), wanita menjadikan tangisan (emosional) sebagai senjata untuk meluluhkan hati pria!
Solusi : Pria harus lebih emosional/perasa (kalau perlu nangis gak pa-pa), sementara wanita harus lebih rasional/pemikir (jangan sedikit-sedikit nangis)

5. Pria butuh dihargai, wanita butuh dicintai – Ef.5:22-23
John Gray (ahli hubungan pria dan wanita) mengatakan:”Salah satu kebutuhan utama seorang pria adalah untuk dihargai.”
Oleh sebab itu dalam alkitab Pria ditempatkan sebagai pemimpin dalam keluarga, karena hal itu memenuhi kebutuhannya untuk dihargai! Semakin dihargai, seorang pria semakin muncul potensinya. Tetapi kalau tidak dihargai, maka seorang pria bisa hilang potensinya (dalam bahasa inggris : impotent). Riset diberbagai tempat menunjukkan pria yang menderita impotensi, biasanya kurang mendapat penghargaan dalam lingkungannya!
Sementara itu salah satu kebutuhan utama seorang waita adalah untuk dicintai (dilindungi)! Oleh sebab itu di alkitab ia diharapkan tunduk kepada laki-laki. Sebab dengan tunduk, dia justru akan dicintai pria. Tapi kalau nanduk, dia akan ditinggalkan pria!
Solusi : Pria harus berusaha lebih memperhatikan dan mengasihi istrinya. Sementara wanita harus lebih banyak memberikan penghargaan kepada pria, sekecil apapun prestasi yang dibuatnya!

6. Pria seperti gua, wanita seperti toa.
Artinya, pria itu kalau sedang ada masalah, menyembunyikan diri seperti gua, sedangkan wanita banyak menggunakan kata-kata. Penelitian Brizendine membuktikan bahwa perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata sehari, sedangkan pria hanya 7.000 kata.
Solusi : Pria harus lebih berani membuka diri pada istri ketika menghadapi masalah agar bisa dipecahkan bersama-sama. Sementara wanita harus lebih bisa menahan diri dan tidak terlalu banyak berbicara ketika pria sedang dalam masalah.Lebih baik berempati daripada berbicara.

7. Pria seperti superhero, wanita seperti supermodel.
Pria sangat bangga jika dia bisa menolong banyak orang, sedangkan wantia merasa sangat berbahagia jika setiap mata memandangnya dengan penuh kekaguman.
Solusinya : wanita harus lebih sering memberi pujian pada pria, sementara pria harus lebih sering memandang kagum kepada wanita.

8.Pria memandang cinta sebagai salah satu hal yang penting sementara wanita menganggap cinta sebagai yang terpenting.
Bagi pria cita, serig kali hobby, teman dan kerjaan bisa sama pentingnya dengan cinta dan keluarga. Sementara bagi wanita cinta adalah segalanya.
Solusi : Pria harus belajar meempatkan cinta dan keluarga lebih dari pada hobby dan teman, Sementara wanita harus belajar bisa menerima realota bahwa pria memang memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi dan menyalurkan hobby.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s